5 Tips Menggunakan Kamera 360 untuk Pemula

kamera 360

Kamera 360 menjadi salah satu jenis kamera yang sangat direkomendasikan untuk dibawa traveling. Kamera ini akan memudahkan Anda untuk menangkap gambar dan video dengan pengambilan sudut 360 derajat. Fitur yang disediakan oleh kamera ini akan membuat memori traveling terekam dengan sempurna. Namun, Anda harus tahu seperti apa cara pemakaian yang benar untuk mendapat hasil terbaik.

Tips Pemakaian Kamera

Bagi Anda yang masih pemula dalam pemakaian kamera, maka penting sekali untuk mengetahui seperti apa trik yang bisa diterapkan. Berikut adalah beberapa tips penggunaan kamera berformat 360 ini saat traveling.

Tentukan Spot yang Tepat

Poin yang sangat penting dalam pengambilan gambar maupun video memakai kamera ini adalah posisi. Anda harus menentukan spot pengambilan gambar yang paling menarik. Pastikan untuk menemukan objek dan komposisi yang paling pas demi menghasilkan gambar yang terbaik.

Tipe kamera ini akan membantu Anda untuk mendapat tangkapan gambar yang luas. Jadi akan sangat disayangkan jika Anda tidak mendapatkan spot terbaik. Hasil yang tertangkap kamera jadi tidak sempurna jika komposisi dan spot fotonya tidak dipilih secara hati-hati.

Posisikan Kamera secara Vertikal

Salah satu kunci mendapatkan gambar atau video berformat 360 derajat adalah dengan meletakkan kamera pada posisi vertikal. Jaga agar kamera yang Anda gunakan tetap dalam posisi tegak lurus. Posisi ini akan sangat membantu kamera menghasilkan foto juga video dengan komposisi yang paling seimbang.

Pada jenis kamera lainnya, Anda mungkin bisa menangkap gambar dan video dengan posisi kamera miring. Namun untuk jenis kamera 360 sangat dianjurkan untuk dijaga dalam posisi vertikal. Cara ini sangat efektif untuk menangkap objek secara sempurna sehingga tidak akan ada bagian yang terbuang.

Lebih Baik Pakai Monopod

Dibandingkan tripod, Anda lebih disarankan untuk memakai monopod. Tripod tidak terlalu bekerja efektif untuk membantu pengambilan foto dan video memakai kamera berformat 360.

Tripod cenderung didesain dengan ukuran yang besar dan digunakan untuk menahan kamera DSLR yang punya bobot cukup berat. Jika memang ingin memakai tripod, maka pilihlah tipe tripod yang langsing.

Dibandingkan tripod sebenarnya monopod atau tongsis menjadi pilihan yang lebih tepat. Monopod akan membuat Anda lebih leluasa mengatur posisi kamera. Selain itu, pemakaian monopod juga sangat efektif menjaga posisi kamera tetap stabil.

Cari Titik Penting

Meskipun kamera berformat 360 akan menangkap gambar secara menyeluruh, namun sangat penting untuk menentukan titik utama. Titik inilah yang menjadi awal pengambilan gambar atau video tersebut. Cari bagian paling menarik yang akan menjadi titik utama. Arahkan lensa ke titik tersebut agar fokus pengambilan gambar bisa tepat sasaran.

Perhatikan Sumber Cahaya

Penting sekali untuk memperhatikan sumber cahaya di lokasi pengambilan gambar. Anda harus memastikan bahwa tidak ada lensa yang diarahkan langsung ke sumber datangnya cahaya. Jika ada lensa yang menghadap dan membelakangi cahaya maka pada hasil gambar akan terlihat adanya garis. Posisi sumber cahaya sebaiknya ada di titik temu kedua lensa kamera.

Itulah beberapa cara yang bisa dicoba jika Anda menggunakan kamera 360. Jenis kamera yang satu ini tentu akan sangat membantu Anda menangkap momen indah dengan sempurna. Jangan lupa, rawat kamera sebaik mungkin agar bisa selalu menghasilkan foto dan video yang berkualitas.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan