Komoditas Asal Indonesia yang Berkesempatan Diekspor Ke Taiwan

jasa kirim barang

Perlu dimengerti bersama, jika produk atau komoditas asal Indonesia tidak dapat diremehkan, karena banyak dilirik oleh negara lain sebagai produk ekspor terbaik. Karena, jika dihubungkan dengan ekspor, maka pengetahuan yang kerap muncul adalah sebatas produk migas dan minyak yang terkenal. Walau sebenarnya, produk atau komoditas lain tidak kalah besar diekspor ke luar negeri.

Berdasar data yang diuraikan oleh BPS, maka kita akan mendapati telah banyak produk dari tanah air ini yang mengembara ke beberapa negara di belahan bumi. Bahkan juga, komoditas yang awalannya tidak diduga sama sekali, rupanya benar-benar disukai di negeri sana.

Nah sama seperti yang kita ketahui, Indonesia adalah negara yang termasuk aktif datangkan produk dari Taiwan. Tapi, siapa kira, rupanya dibalik itu, Indonesia juga sering kirim paket ke Taiwan dalam skala besar. Komoditas yang paling ramai dan berkesempatan adalah sayur dan rempah-rempah. Ingin tahu? Baca pembahasan ini.

Kopi

Tahukah anda, jika kopi adalah komoditas paling besar yang berkesempatan selalu laku di Taiwan? Menurut dirjen ekspor nasional, kopi adalah komoditas asal Indonesia yang banyak disukai oleh beberapa negara di Asia Tenggara, terhitung Taiwan. Beritanya, ekspor kopi selalu alami kenaikan dari tahun ke tahun.

Bila kita melirik data statistika, Indonesia pernah lakukan ekspor kopi yang nilainya sejumlah 1.89 juta USD. Ini pernah terjadi di tahun 2017 kemarin. Jika beberapa pakar menjelaskan selalu bertambah, maka kesempatan ini juga selalu ada sampai sekarang ini.

Bawang Putih

Bawang putih dikenali sebagai salah satunya komoditas yang paling bermanfaat untuk kesehatan dan olah rasa masakan. Di tahun 2020 lalu, jumlah ekspor bawang putih ke Taiwan capai 470 ribu ton. Itu adalah jumlah yang paling fenomenal. Dan beritanya, di tahun ini keinginan bertambah sampai 1.000 ton bawang putih.

Kubis

Siapa kira, salah satunya sayur yang kerap digunakan sebagai bahan pendamping makanan Siomay ini demikian laku di Taiwan sana. Ini jadi tanda, jika keberadaan pertanian Indonesia tidak dapat disepelekan dalam mengisi pasar internasional.

Berdasar data statistika, pada tengah 2020 lalu, Indonesia telah mengirim 300 kontainer sayur Kubis ke negeri Taiwan. Ini meningkat dari beberapa tahun awalnya. Bahkan juga bila dikruskan ke rupiah, nilainya dapat capai 6 Triliun.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan