Selain Harga, Inilah Pertimbangan Saat Membeli AC

harga ac

AC merupakan satu dari sekian banyak home applience yang semakin hari semakin besar peminat mengingat cuaca di Indonesia yang semakin panas. Terkadang, ada suatu kondisi dimana kipas angin tak cukup membuat ruangan dingin, atau bahkan membuat tubuh justru masuk angin. Alhasil, AC merupakan solusi terakhir, bagi kita yang sudah tidak betah lagi dengan panas.

Harga AC kerapkali menjadi pertimbangan paling utama ketika seseorang ingin membeli produk pendingin satu ini. Akan tetapi, itu saja jelas tidak cukup. Masih banyak beberapa hal lainnya yang perlu dipertimbangkan dengan cermat. Nah, pertimbangan apa saja itu? Berikut ulasan lengkapnya.

5 Hal yang Perlu Anda Pertimbangkan Saat Membeli AC

Semakin hari AC bisa dibilang home applience yang cukup familiar, semua orang bisa memilikinya dengan mudah. Akan tetapi, pada realitanya masih banyak orang yang belum bisa membeli AC dengan benar, sesuai kebutuhan. Nah, agar Anda tidak salah beli, pastikan Anda mengikuti panduan atau pertimbangan berikut ini.

  • Sesuaikan dengan daya listrik di rumah

Sebelum Anda memutuskan AC mana yang ingin dibeli, pastikan Anda sudah mengukur berapa watt listrik di rumah atau kantor yang ingin dipasang AC. Jangan sampai, karena terpikat dengan AC yang bagus, dengan kekuatan pendingin penuh, eh sudah dipasang listrik rumah mati karena tidak kuat menahan daya AC yang terlalu tinggi. Maka, pastikan, AC yang akan dibeli, benar-benar mungkin tuk dihidupkan di rumah ya!

  • Pilih AC yang hemat daya

Berikutnya, setelah memastikan listrik di rumah kuat untuk menahan kekuatan AC, sebaiknya Anda memilih AC dengan fitur hemat energi. Saat ini sudah banyak kok AC terbaru dengan kekuatan pendingin maksimal, tetapi tidak boros listrik. Karena listrik bukan hanya soal kemampuan dalam membeli, tetapi perlu pembiayaan rutin bulanan listrik, maka memilih AC dengan fitur hemat energi merupakan pertimbangan paling bijak.

  • Sesuaikan dengan ukuran ruangan

Setelah dua pertimbangan di atas sudah beres, lanjutkan dengan pertimbangan ketiga, yaitu menyesuaikan ukuran AC dengan ukuran ruangan yang akan dipasang AC. Sederhananya, jika ruangan kecil seperti kamar, ruang kantor, maka cukup memilih AC dengan jangkauan atau kekuatan pendingin yang biasa saja.

Tetapi, jika skala ruangannya besar seperti aula, sebaiknya Anda perlu memilih AC dengan jangkauan dan kekuatan pendingin ekstra. Anda tidak ingin kan membeli AC jadi sia-sia karena aula tetap saja panas akibat memilih AC dengan kekuatan pendingin dan jangkauan yang kurang.

  • Pilih AC dengan merek terpercaya

Masuk ke pertimbangan keempat, pilihlah merek AC yang sudah populer dan terpercaya. Emm, sebenarnya, merek tidak melulu jadi jaminan produk bagus sih, karena mesin tidak ada yang tahu. Namun, dengan merek yang sudah populer, setidaknya hal ini berkaitan erat dengan onderdil yang mudah didapatkan seandainya AC Anda bermasalah di kemudian hari.

  • Pastikan klaim garansi mudah

Melanjutkan keterangan sebelumnya, pada faktanya merek AC yang populer banyak menyediakan kemudahan dalam klaim garansi produk. Bahkan, perusahaan sudah banyak menyediakan kantor layanan pengaduan, klaim garansi, dan service di lokasi yang mungkin dekat dengan rumah Anda. Sehingga, Anda tidak perlu pusing bagaimana ketika AC terkendala di kemudian hari.

Demikianlah informasi yang bisa kami sajikan perihal pertimbangan apa saja yang harus Anda lakukan ketika akan membeli AC. Semoga apa yang kami jelaskan memberikan manfaat bagi kita semua. Jangan lupa share ya!

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply