Investasi Jangka Pendek Terbaik untuk Pemula

Saat ini kata investasi sudah tidak asing lagi bagi siapa saja. Popularitas dari investasi juga sudah semakin meningkat seiring banyaknya yang sadar akan betapa pentingnya untuk memulai berinvestasi sejak dini. Investasi merupakan salah satu bentuk terbaik untuk siapa saja yang ingin mendapat penghasilan tambahan.

Meskipun investasi sangat menggiurkan, nyatanyamasih ada juga yang merasa proses investasi sangatlah rumit dan memakan waktu yang lama agar bisa mendapatkan keuntungan. Untuk memperbaiki pola pikir negatif yang ada mengenai investasi maka pada artikel kali ini akan dibahas mengenai berbagai pilihan investasi terbaik untuk pemula.

Pengertian Investasi untuk Pemula

Siapa saja bisa bekerja apabila dirinya telah memasuki usia produktif. Dengan berkerja maka Anda akan mendapatkan penghasilan yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan hidupnya dan dapat disisihkan untuk berinvestasi. Dengan belajar untuk menyisihkan penghasilan untuk berinvestasi maka Anda bisa mendapatkan hasil akhir yang jauh lebih menguntungkan.

Dikutip dari Wikipedia, investasi merupakan sebuah penanaman uang ataupun modal pada suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan mendapatkan keuntungan. Investasi dapat diartikan juga untuk Anda yang ingin meluangkan waktu, uang ataupun tenaga demi mendapatkan suatu keuntungan berupa return pada masa yang akan datang.

Jika Anda yang masih pemula dan sejak dini ingin melakukan investasi maka keuntungan yang akan Anda dapatkan bisa meningkat pesat asalkan Anda berhasil memilih jenis investasi yang tepat. Dalam sebuah investasi, Anda akan mendapatkan sebuah tabungan jangka panjang berupa berbagai bentuk investasi yang sudah Anda beli sejak dini. Investasi akan selalu menguntungkan karena akan terus mengalami kenaikan harga yang tinggi bahkan sanggup untuk menyaingi peningkatan inflasi setiap tahunnya.

Pilihan Instrumen Investasi Terbaik untuk Jangka Pendek

  • Investasi Jangka Pendek: Reksadana

Reksadana adalah sebuah wadah dan pola pengelolaan dana maupun modal bagi para investor yang ingin melakukan investasi 100 ribu profit harian pada instrumen yang tersedia di pasar modal dengan cara membeli unit reksadana. Dana akan dikelola oleh Manajer Investasi agar dapat diteruskan dan diinvestasikan menuju portofolio investasi lainnya seperti obligasi dan saham.

Anda perlu melakukan diversifikasi jika ingin berinvestasi ke dalam reksadana karena pendapatan Anda akan sangat berbanding lurus dengan bunga yang Anda terima. Apabila terjadi penurunan saham pada satu perusahaan maka setidaknya Anda tidak akan mengalami kerugian.

  • Investasi Jangka Pendek: P2P Lending

P2P Lending atau Peer to Peer Lending merupakan sebuah wadah yang mempertemukan antara Anda sebagai pemodal dengan siapa saja yang membutuhkan modal atau dana untuk berbagai keperluan usaha. P2P Lending adalah hasil dari fintech yang terus berkembang pesat dan menawarkan kemudahan bagi siapa saja yang membutuhkan modal tambahan untuk usahanya.

P2P Lending berbeda dengan berbagai portal yang menawarkan pinjaman online karena P2P Lending akan lebih terstruktur dan pinjamannya akan digunakan untuk mengembangkan usaha pebisnis kecil. Anda dengan melakukan investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah pada P2P Lending juga bisa berperan penting dalam memajukan UMKM lokal berkembang dengan pesat.

P2P Lending juga umumnya menawarkan bunga yang besar jika dibandingkan dengan investasi jangka pendek lainnya. Bunga tersebut biasanya berkisar dari 10 hingga 18% per tahunnya. Dengan bunga yang besar Anda juga harus waspada bahwa risiko melakukan investasi pada P2P Lending cukup tinggi jadi Anda harus mencari wadah yang paling aman dan terbaik untuk Anda.

  • Investasi Jangka Pendek: Saham

Saham adalah sebuah bukti kepemilikan dari Anda sebagai seorang investor dalam suatu perusahaan ataupun perseroan terbatas. Saham adalah salah satu investasi jangka pendek yang paling banyak dan umum untuk digunakan orang-orang. Apabila Anda sebagai seorang investor memutuskan untuk membeli saham maka Anda secara langsung bisa dikatakan sebagai pemilik perusahaan sesuai dengan seberapa besar saham yang Anda miliki pada perusahaan tertentu.

Saham sendiri memiliki bentuk seperti selembar kertas yang dikeluarkan oleh perusahaan yang menyatakan bahwa siapa saja yang memiliki kertas tersebut adalah pemilik perusahaan dengan porsi yang sesuai.

Anda sebagai seorang investor bisa menggunakan mekanisme trading agar mendapatkan keuntungan dari menganalisis perkembangan saham suatu perusahaan dan akan menjual saham yang Anda miliki pada sebuah momen yang tepat. Proses ini diperlukan agar Anda bisa mendapatkan sebuah capital gain dalam waktu yang tepat yaitu kondisi dimana harga jual lebih tinggi dibandingkan harga saat Anda membeli lembar saham.

Investasi jangka pendek bisa menjadi salah satu pilihan utama bagi Anda untuk melakukan investasi dan ingin mendapatkan keuntungan dalam waktu yang cepat. Perhatikanlah berbagai aspek dari investasi jangka pendek yang ada dan sesuaikanlah dengan risiko yang mampu Anda ambil. Lakukanlah diversifikasi agar Anda tidak mengalami kerugian saat berinvestasi.

Leave a Comment